Rabu, 20 April 2011

Asal-usul Puding

Hmm.. mendengar namanya saja pasti sudah terbayang kelezatannya.Pasti dari anak-sampai orang dewasa sangat menggemari makanan ini. Di Indonesia terdapat berbagai jenis pudding rasa tradisional yang bahannya memakai kelapa muda, gula merah, santan, tapai ketan hitam, campuran dain suji dan daun pandan dan memakai bahan lainnya sesuai dengan selera. Dan biasanya menggunakan buah misalya jeruk, nanas, sirsak, mangga dan buah lainnya yang juga sesuai dengan selera.
Pudding memang biasanya digunakan sebagai hidangan penutup. Pudding biasanya terbuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang. Istilah pudding juga dipakai untuk berbagai jenis pie yang berisi lemak hewan, daging tau buah-buahan yang dipanggang. Pudding dengan bahan baku susu (yoghurt), tepung maizena, tapioca atau telur dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu. Pudding sering dihidangkan bersama saus kental yang disebut dengan vla.
Contoh pudding yang dikukus atau dipanggang adalah pudding roti dan bahan baku roti tawar. Trifle adalah nama untuk pudding yang tidak dimasak, dibuat dari kue chiffon yang disusun berlapis-lapis dengan selai sebagai perekat dan ditutup dengan krim kocok. Pudding yang dipanggang atau dikukus sering terlihat mirip kue bolu tapi lebih lembab dan mudah hancur.
Pudding berasal dari bahasa Perancis, boudin yang berarti saus darah. Maklumlah dulu bahannya adalah darah sapi yang dibekukan. Dalam bahasa Latin, boletus yang artinya sosis kecil. Istilah pudding digunakan Eropa abad pertengahan untuk hidangan dari daging yang dibungkus.
Namun, tidak semua pudding rasanya manis. Soet pudding (pudding lemak) adalah jenis pudding berisi daging sapi yang dibungkus adonan pie dari tepung terigu bercamour lemak domba atu lemak sapi. Di Britania Raya istilah pudding sering digunakan sebagai hidangan penutup yang dibuat dari telur dan tepung, serta dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang.
Sekarang tinggal pilih saja mau pudding mana yang akan dibuat, apalagi sekarang banyak sekali pudding instant yang tinggal dicampur dengan susu atau air panas, sehingga jadi mudah untuk membuatnya.

2 komentar: