Minggu, 21 November 2010

Bagaimana kita menggunakan pemasaran untuk menarik lebih banyak konsumen?

Produk
Jangan berhenti mengembangkan produk Anda karena kebutuhan konsumen senantiasa berubah. Pekalah pada setiap perubahan permintaan, keluhan dan usulan konsumen.

Lokasi
Pastikan produk/jasa Anda mudah dijangkau oleh konsumen. Jika konsumen Anda harus menunggu di lokasi tempat produk/jasa Anda dijual, usahakan waktu-waktu menunggu menjadi saat yang tidak membosankan. Misalnya dengan menyediakan televisi, teh/kopi gratis, majalah dan lain-lain.

Harga
Pilihlah dengan seksama strategi harga yang akan diterapkan misalnya potongan harga khusus, sistem pembayaran yang fleksibel, beli satu gratis satu dan lain-lain. Jika Anda harus menjual dengan harga yang lebih mahal dari saingan, pastikan produk/jasa Anda jauh lebih baik.

Promosi
Sebagai pemilik UKM (Usaha Kecil Menengah) umumnya Anda dihadapkan pada anggaran yang terbatas untuk kegiatan pemasaran dan promosi. Tidak ada gunanya bersaing dengan perusahaan besar dalam hal kegiatan promosi karena anggaran pemasaran mereka jelas jauh lebih besar.

Layanan Konsumen
Peranan karyawan yang berhubungan langsung dengan konsumen adalah ujung tombak citra perusahaan dan produk/jasa Anda. Pastikan mereka memiliki pengetahuan yang cukup, kemampuan berkomunikasi yang baik serta sikap yang profesional ketika melayani konsumen.

(Sumber : portalukm.com)

1 komentar: